Pendaftaran Balon Bupati Dibuka, Yoram Sebut Demokrat Terbuka Bagi Semua Warga Negara

Sorotmalut — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat, Halmahera Barat, Maluku Utara, segera membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Hal ini menindaklanjuti surat edaran DPP Demokrat nomor: 19/SE.INT/DPP.PD/III/2024. Perihal, pembukaan pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, serta instruksi kepala Bappilu DPP, Andi Arif, ke semua ketua Bappilu Provinsi, Kabupaten, dan Kota se Indonesia.

Surat edaran dan instruksi DPP  Demokrat itu menerangkan bahwa berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, maka diinstruksikan kepada seluruh Ketua DPD dan DPC Partai Demokrat di seluruh Indonesia untuk membuka pendaftaran bagi Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, untuk mengikuti Pilkada Serentak Tahun 2024.

Surat edaran dan Instruksi tersebur juga memuat bahan pertimbangan untuk para Bakal Calon. Dimana DPP Demokrat meminta agar Bakal Calon Kepala Daerah melaksanakan survei dengan menggunakan lembaga survey yang kredibel diantaranya:

1. Indikator
2. SMRC
3. LSI
4. Indexstat
5. Parameter Politik Indonesia
6. Dinamis Research and Consulting
7. Poltracking
8. Indobarometer.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Demokrat Halmahera Barat, Yoram Uang mengatakan Partai yang dinahkodai Agus Harimurti Yudhoyono ini welcome bagi semua warga negara yang memenuhi syarat.

Namun Yoram menyatakan Demokrat lebih mengutamakan kader yang berpotensi memenangi Pilkada. Sebab menurutnya, jika rekomendasi diberikan kepada yang bukan kader maka akan berpotensi ibarat kacang lupa kulit ketika yang bersangkutan telah memenangkan Pilkada.

“Saya kira semua ini di alami semua partai politik kalau bukan kader maka tidak merasa bertanggungjawab untuk membesarkan partai yang telah mengusungnya,”tuturnya.

Sedangkan terkait survei, Wakil Ketua Umum Apdesi Republik Indonesia, sekaligus Caleg Halmahera Barat terpilih ini menyampaikan instruksi DPP itu sebagaimana kepercayaan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY terhadap lembaga survei semasa bertarung dalam kontestasi Pemilihan Presiden.

“Karena sejak pemilihan berlansung, Pak SBY bertarung Pilpres dan hingga sekarang pemenangnya selalu menempati posisi tertinggi di lembaga survei, karena kajian akademis sangat terukur dan margin eror juga sudah dihitung,”pungkasnya.

 

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *