Pemerintah JUJUR Didemo Karena Pindahkan Lokasi Pembangunan RS Pratama

Terbaru395 Dilihat

Sorotmalut — Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, di bawah kepemimpinan Bupati James Uang dan Wakil Bupati Jufri Muhamad (JUJUR), didemo soal pemindahan lokasi pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama dari Kecamatan Loloda ke Kecamatan Ibu.

Aksi demonstrasi yang dilakukan Semahabar Kota Ternate itu berlangsung di Kantor Pemerintah setempat, Senin (10/6/2024).

Ketua Senteral Mahasiswa Halmahera Barat (Semahabar) Kota Ternate, M Haris F Kunter, dalam orasinya mengatakan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat abai terhadap masyarakat Kecamatan Loloda.

Pasalnya, kata dia, ditengah kesulitan masyarakat Loloda dalam mengakses jalan dan fasilitas Kesehatan, Pemerintah Halmahera Barat, pada kepemimpinan berakronim JUJUR, malah dengan gampangnya memindahkan lokasi pembangunan RS Pratama yang semula di Desa Janu Kecamatan Loloda ke Desa Soana Masungi, Kecematan Ibu.

Bahkan Haris menilai pemindahan lokasi RS Pratama ke Desa Soanamasungi Kecamatan Ibu, in prosedural lantaran tidak ada bukti persetujuan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

“Pemindahan RS Pratama ke Ibu dengan alasan di Desa Janu, Kecamatan Loloda persoalan kondisi alam itu tidak masuk akal. Jadi Pemerintahan yang James Uang Jufri Muhamad yang disebut JUJUR ternyata tidak Jujur,”katanya.

Untuk itu, Haris menegaskan agar Pemerintah Halmahera Barat segera mengembalikan pembangunan RS Pratama di lokasi semula. Sebab menurutnya selama ini masyarakat Loloda tidak pernah mendapat pelayanan kesehatan yang memadai.

“Karena jika tidak, maka kami akan terus melakukan aksi demonstrasi hingga tuntutan kami diindahkan. Masa dengan alasan kondisi alam RS Pratama dipindahkan ke Kecamatan Ibu. Lantas bagaimana masyarakat Loloda gampang dalam mengakses fasilitas kesehatan, sementara akses jalan ke Kecamatan Ibu juga masih sulit,”pungkasnya.

 

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *