Yayasan Bina Tani Sejahtera Bantu Petani di Halmahera Barat Budidaya Sayuran

Terbaru1012 Dilihat

Sorotmalut — Yayasan Bina Tani Sejahtera, menggelar Temu Lapang Tani, di Desa Payo Tengah, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (24/7/2024).

Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS) didirikan untuk berkiprah di bidang sosial dan kemanusiaan, khususnya berkaitan dengan penghidupan pertanian.

Kegiatan bertajuk “Semangat Belajar Budidaya Sayuran Untuk Hasil Yang Menguntungkan” itu dihadiri perwakilan YBTS, Bidang Data dan Monev Officer, Ayu Novelisa, Staf Ahli Bidang Perintahan, Samsudin Senen, perwakilan Dinas Pertanian dan DPMD Halmahera Barat, Kepala Desa Payo Tengah, Gafli Anwar, Kades Bobo, Bobo Jiko serta Kades Akediri dan tim Tekad serta para petani.

Perwakilan YBTS, Bidang Data dan Monev Officer, Ayu Novelisa, dalam kesempatan itu mengatakan Yayasan Bina Tani Sejahtera melalui Annisa Rahma Fatika, Technical Field Officer atau Pendamping lapangan bertujuan memberikan bimbingan serta belajar bersama para petani di Kecamatan Jailolo.

Ayu berharap bimbingan pihaknya bisa membangun lokasi pertanian serta petani yang baru dalam rangka memberikan hasil yang baik dan maksimal bagi keberlangsungan pertanian di Halmahera Barat.

“Kami berharap adanya kolaborasi antara petani, Pemerintah Desa serta Kabupaten dan juga kami berharap semangat bertaninya semakin tinggi sehingga dengan belajar bertani ini, petani bisa mencapai panen makmur”ujar Ayu.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Kepala Desa Payo Tengah (Pateng), Gafli Anwar. Gafli menyatakan pihaknya bahkan memberikan dukungan dana bagi petani melalui 20 persen anggaran pangan yang bersumber dari Dana Desa.

“Kami sangat mendukung, bahkan dana pangan 20 persen itu kami fokuskan ke pertanian, karena ini menyangkut kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

Kegiatan ini juga mendapat tanggapan positif dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Samsudin Senen. Sasudin mengatakan agenda tersebut sesuai dengan program prioritas Pemerintah Halmahera Barat, saat ini.

“Tapi jangan berhenti di sini saja, seperti di beberapa tempat sebelumnya. Setelah panen langsung habis. Kita berharap ini berkelanjutan,”tandasnya.

Sementara salah satu Petani, Awi, dalam kesempatan yang sama meyampaikan terimakasih kepada Yayasan Bina Tani Sejahtera, melalui
Annisa Rahma Fatika selaku Technical Field Officer atau Pendamping lapangan, telah memberikan pengetahuan terkait budidaya sayuran.

“Ilmu tentang budidaya sayuran ini saya tidak tahu sama sekali. Jadi saya sangat berterimakasih kepada Yayasan Bina Petani Sejahtera karena sudah mengutus Ade Ica (Sapaan Annisa) ke sini untuk membimbing kami, terutama saya,”tuturnya.

Awi berharap Pemerintah Daerah bisa bekerjasama dengan Yayasan milik PT. East West Seed Indonesia itu, sehingga yayasan tersebut bisa membimbing seluruh petani di Halmahera Barat.

 

 

Penulis : Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *