Persagi dan Bidang Kesmas Dinkes Halmahera Barat Bantu Korban Banjir Rua

Terbaru232 Dilihat

Sorotmalut —  Banjir bandang menerjang Kelurahan Rua, setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Minggu (25/8/2024), sekira pukul 03 waktu setempat.

Banjir yang membawa material tanah, pasir dan batu dari gunung, menerjang sejumlah kawasan di Kelurahan Rua, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate. Harta dan nyawa menjadi korban ganasnya musibah di malam itu.

Hal ini mengetuk hati berbagai pihak untuk bahu membahu membantu korban banjir bandang tersebut, termasuk Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPC Persagi) Halmahera Barat yang bekerja sama dengan Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Halmahera Barat.

Penyaluran Bantuan oleh Persagi dan Bidang Kesmas Dinkes Halmahera Barat untuk Korban Banjir Rua.

Bantuan yang disalurkan pada Jumat pagi tadi, (30/8/2024) bervariasi, mulai dari telur, popok, selimut, minyak telon, susu untuk balita dan ibu hamil serta biskuit dan beberapa perlengkapan lainnya.

Bantuan tersebut disalurkan langsung perwakilan DPC Persagi Halmahera Barat dan Bidang Kesmas ke Posko Pengungsi, tepatnya di SMK Negeri 4 Kota Ternate dan selebihnya diserahkan langsung di gudang penampungan bantuan, Aula Kantor Walikota Ternate.

Kepala Dinas Kesehatan Halmahera Barat, Novelheins Sakalaty menyampaikan duka yang mendalam dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya puluhan warga akibat bencana tersebut. Ia menyatakan penyaluran bantuan ini adalah bentuk kepedulian terhadap sesama.

Senada disampaikan Samsuddin yang mewakili Kepala Bidang Kesmas, herny DS. Djafar. Ia menambahkan, bahwa bantuan tersebut tentu belum bisa mencukupi semua kebutuhan para korban.

“Tapi kita berharap bantuan ini bisa sedikit mengurangi duka dan beban korban bencana,” ucapnya.

Samsuddin juga berharap penyaluran bantuan ini bisa menggerakkan hati pihak lain, baik masyarajat, organisasi profesi mau pun lembaga untuk turut mengambil bagian, bahu membahu meringankan beban korban bencana alam itu.

“Yang kami salurkan tidak sebanyak bantuan dari pihak lain. Tapi kami berharap ini bisa membantu dan bermanfaat,” pungkasnya.

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *