Ketua Tim JUARA BARU Dapat Kursi VIP, Tim JUJUR Protes

Terbaru237 Dilihat

Sorotmalut — Tim Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat, James Uang-Djufri Muhamad (JUJUR) dan Tim Paslon Juliche D Baura-Bustami Albar (JUARA BARU) sempat ricuh beberapa menit menjelang debat kandidat perdana di Aula D’Hoek, Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Senin Senin (14/10/2024)

Insiden ini bermula ketika Hardi I Hayun yang merupakan tim Paslon JUJUR) melakukan protes lantaran Irine Yusiana Roba Putri yang merupakan Ketua tim JUARA BARU duduk di kursi yang disediakan KPU Halmahera Barat untuk tamu undangan VIP.

Hardi mengatakan Sekretaris KPU mestinya berlaku adil antar sesama tamu undangan baik di VIP dan masing-masing pendukung yang telah disiapkan.

Hardi mendesak KPU memperjelas kehadiran Ketua Tim JUARA BARU nomor urut 1, Irine Yusiana Roba Putri dalam debat kandidat tersebut. Ia mempertanyakan apakah Irine datang sebagai anggota DPR RI atau Ketua Tim JUARA BARU.

Sebab menurutnya, jika Irine hadir selaku Ketua Tim, maka Irine tidak semestinya duduk di tempat tamu undangan VIP, sebagaimana Ketua tim Paslon lain yang duduk bersama rombongan tim.

“Kalo bilang anggota DPR, saya juga anggota DPR, tetapi saya duduk di sini karena saya datang sebagai tim. Jadi Pak Sek harus perjelas. Jika tidak saya akan terus interupsi,” tegas Hardi.

Tak lama, salah satu pendukung dari Paslon nomor urut 1, Hermanto berdiri dan menegur Herdi Hayun. “Kong nga (kamu) mau bakiapa (kenapa) badiam sudah,” kata Hermanto.

Di sini, Hardi pun menanggapi namun suasana semakin tidak kondusif. Para pendukung dua Paslon ini pun nyaris adu jotos.

Para pihak keamanan langsung menertibkan masing-masing pendukung. Tak lama kemudian acara debat kandidat dibuka dengan resmi oleh ketua KPU Halmahera Barat Babul M Syaifuddin.

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *