MK-BISA Janjikan Lumbung Pertanian dan Peternakan Jika Menang di Halmahera Barat

Sorotmalut — Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara, Muhammad Kasuba dan Basri Salama menggelar konsolidasi tim relawan di Kabupaten Halmahera Barat.

Konsolidasi tim relawan oleh pasangan berakronim MK-BISA ini dipusatkan di Aula D’Hoek Place, Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Sabtu (14/9/2024).

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPC Hanura Halmahera Barat, Hardi I Hayun serta pengurus, Sekretaris DPC PKS dan pengurus serta tim relawan MK-BISA dari 3 Kecamatan, yakni, Kecamatan Jailolo, Sahu dan Sahu Timur.

Bakal Calon Wakil Gubernur Maluku Utara, Basri Salama dalam orasi politiknya menyayangkan kondisi Maluku Utara saat ini sebagai wilayah pertambangan, namun daerah luar yang menjadi pemasok bahan pertanian, perikanan dan peternakan.

Menurut Basri, kondisi ini bukan disebabkan oleh para Petani, Peternak dan Nelayan di wilayah Maluku Utara, tetapi kurangnya perhatian dan dukungan Pemerintah Daerah.

“Apakah orang Halmahera Barat tidak bisa kirim hasil pertanian ke Iwip, Antam dan NHM, apakah orang Halmahera Timur tidak bisa kirim daging sapi ke Iwip, Antam dan NHM, bisa, bahkan ada yang bilang petani kita malas, orang Maluku Utara tidak malas, orang Maluku Utara rajin-rajin, tetapi kita yang kurang perhatian,” katanya.

Untuk itu, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini menegaskan akan memberikan subsidi pendidikan serta menghidupkan UMKM untuk generasi muda sehingga bisa berperan penting dalam peningkatan ekonomi Maluku Utara melalui sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

“Supaya mereka bisa kembangkan pertanian dan kirimkan hasilnya ke Iwip, Antam dan NHM, begitu juga dengan sapi, ayam, telur dan lain-lain,” ujarnya.

Basri juga menyampaikan impian besarnya. Di mana Halmahera Barat akan dijadikan lumbung pertanian dan peternakan jika pasangan MK-BISA yang diusung Partai Hanura dan PKS itu menang di Kabupaten Halmahera Barat pada momentum pungut hitung 27 November akan datang.

“Sejak lama saya tahu, bahwa Halmahera Barat memiliki lahan pertanian yang luas dan subur, impian saya, Halmahera Barat dijadikan sumber pertanian besar dan sumber peternakan besar jika kami menang di sini,” pungkasnya.

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *