Resmi, Kora-kora Sambut Singgah Perdana KM.Dorolonda di Pelabuhan Jailolo

Terbaru277 Dilihat

Sorotmalut — Masyarakat Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, antusias menyambut singgah perdana KM.Dorolonda di Pelabuhan Jailolo, Jumat (27/9/2024).

Antusias masyarakat ini terlihat dari cara penyambutan awak kapal tersebut dengan menggunakan perahu kora-kora menuju Pelabuhan Jailolo serta prosesi adat joko kaha.

Selain masyarakat, singgah perdana KM.Dorolonda ini juga dihadiri Sultan Jailolo, Pj.Bupati, Sekda serta Kepala OPD di lingkup Pemerintah Halmahera Barat dan Kapolres Halmahera Barat.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Jailolo, Rosihan Gamtjim dalam konferensi pers mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung KUPP Kelas III Jallolo, sehingga KM.Dorolonda bisa singgah dan akan memulai pelayaran menuju Pelabuhan Bitung.

“Dan Alhamdulillah mulai hari ini KM.Dorolonda sudah bisa melayani masyarakat Halmahera Barat dan seluruh masyarakat yang mendiami pulau Halmahera,” ucap Rosihan.

Rosihan juga berterima kasih kepada Kapolres Halmahera Barat yang telah bersedia menyediakan ambulance di Pelabuhan Jailolo guna mengantisipasi kebutuhan pertolongan medis.

Rosihan mengaku KM.Dorolonda baru bisa berlabuh di Pelabuban Jailolo dengan cara lego jangkar. Sebab menurutnya, kapasitas KM.Dorolonda terlampau jauh lebih besar dari kapasitas Pelabuhan, yakni kurang lebih 14 000 groston banding 1046 gros ton.

“Artinya, perbandingan bobot KM.Dorolonda dengan konstruksi pelabuhan ini masih terlalu jauh. Artinya belum memenuhi syarat untuk disandarkan,” katanya.

Meski begitu, Rosihan menuturkan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Daerah dan DPR akan berupaya semaksimal mungkin untuk percepatan pembangunan konstruksi dermaga agar memenuhi syarat penambatan KM.Dorolonda.

“Kalau untuk kedalaman sudah cukup aman, karena draft dari Kapal tersebut 6,5, sedangkan draft di Dermaga sudah 7 sampai 9, jadi sudah cukup aman,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *