Program IKLAS untuk Petani dan Nelayan di Halmahera Barat

Terbaru352 Dilihat

Sorotmalut — Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat, Iskandar Idrus – Lusiany Inggilina Damar (IKLAS), menyajikan program unggulan untuk masyarakat Halmahera Barat, jika pasangan ini terpilih saat momentum pungut hitung pada 27 November akan datang.

Pasangan berakronim IKLASĀ  ini memiliki 10 program unggulan, 2 di antaranya adalah membentuk 100 kelompok tani dan 100 kelompok nelayan di Halmahera Barat.

Itu disampaikan Calon Bupati Halmahera Barat, Iskandar Idrus dalam orasi politiknya saat kampanye tatap muka di Desa Ropu Tengah Balu (RTB), Kecamatan Sahu, Senin malam (30/9/2024).

Iskandar menyampaikan, untuk 100 kelompok tani akan difokuskan di 2 Kecamatan, yakni, Kecamatan Sahu dan Sahu Timur. Ia mengatakan 100 kelompok tani itu akan dikawal Pemerintah dari penyediaan lahan hingga penen dan pemasaran.

“Kita akan buat kalender tanam, itu bukan hanya mengatur soal pedoman pupuk dan varietas, tetapi juga waktu panen, jangan beberapa kelompok itu panen bersamaan karena terlalu banyak barang itu beresiko pada penurunan harga. Itu mekanisme pasar. Itu juga harus diatur supaya petani puas dengan hasil kerjanya,” tuturnya.

Sementara untuk 100 kelompok nelayan, Iskandar menyebut pasangan IKLAS akan membentuk di 2 sektor berbeda, yakni perikanan darat dan perikanan laut. Untuk perikanan laut akan diberikan alat tangkap dan perikanan darat akan difokuskan pada budidaya tambak di beberapa Kecamatan.

Mantan anggota DPRD Provinsi Maluku Utara ini menyebut pasangan IKLAS ingin menjadikan Halmahera Barat sebagai Daerah pemasok kebutuhan pangan bagi sejumlah Perusahaan pertambangan di Maluku Utara.

“Kami yakin itu pasti bisa, karena dalam sejarah, pasokan pangan untuk Kerajaan Ternate dulunya berasal dari Sahu. Nah tugas Bupati dan Wakil Bupati itu koordinasi dengan petinggi Perusahaan seperti IWIP supaya hasil pertanian dan perikanan di Halmahera Barat bisa dipasok ke situ agar hasil tanam, hasil tangkap mau pun budidaya dari masyarakat bisa dengan gampang terjual,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *