Komitmen IKLAS Perbaiki Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Halmahera Barat

Terbaru184 Dilihat

Sorotmalut — Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat, Iskandar Idrus Lusiany Inggilina Damar (IKLAS) komitmen memperbaiki mutu pendidikan dan kesehatan di Halmahara Barat.

Komitmen ini disampaikan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Lusiany Inggilina Damar dalam orasi politiknya, saat kampanye tatap muka di Desa Guaemaadu, Kecamatan Jailolo, Selasa (1/10/2024).

Orang yang akrab disapa Ing ini mengatakan komutmen pasangan berakronim IKLAS soal perbaikan mutu pendidikan dan kesehatan dibangun dari kegelisahan para guru.

“Saya sering bercerita dengan ibu-ibu. mereka katakan mereka punya runbel (ruang belajar) sudah bocor-bocor,” ungkap Ing sapaan akrabnya.

Tak hanya sarana prasarana, Ing mengungkapkan ada juga keluhan kekurangan guru di sejumlah Sekolah yang menjadi penghambat efektifitas belajar mengajar.

“Dia pe guru dong (mereka) bawa di Kantor Bupati. Padahal disiplin ilmunya adalah guru yang harus mengajar kepada anak-anak kita supaya ke depan bisa jadi anak-anak hebat,”

“Saya tidak bisa melihat anak-anak pergi ke sekolah cuman sekadar main-main karena tidak ada guru. Jika IKLAS diberikan amanah menjadi Bupati dan Wakil Bupati maka kualitas pendidikan di Halmahera Barat lebih baik lagi dan ke depan anak-anak kita juga bisa bersaing di luar sana,” cetusnya.

Selain itu, mantan anggota DPRD Provinsi Maluku Utara ini juga menyentil peristiwa yang menimpa ibu hamil ketika dirawat di RSUD Jailolo, beberapa waktu lalu, akibat kekurangan tenaga medis.

“Kemarin saya sering liat dan mendengar kalau di RSUD Jailolo kekurangan dokter kandungan. hanya 1 dokter kandungan. Ini tidak cukup sebenarnya. Oleh sebab itu IKLAS akan perjuangkan hak-hak bapak ibu agar pelayanan kesehatan di Halmahera Barat lebih baik lagi,” pungkasnya.

Penulis: Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *