KPU Halmahera Barat Surati Kemendagri Potong Dana Transfer ke Pemda

Terbaru742 Dilihat

Sorotmalut — Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, hingga saat ini belum menyelesaikan penyaluran hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Halmahera Barat, Babul M Syaifuddin mengungkapkan, sejauh ini dana hibah untuk Pilkada 2024 yang disalurkan Pemerintah Halmahera Barat, baru 14,1 persen.

“Baru 5 miliar. Dan itu disalurkan sejak launching hingga saat ini. Itu pun tidak sekaligus 5 miliar. Sementara tahapan sedang berjalan dengan deadline waktu, setiap tahapan itu membutuhkan anggaran,”tutur Babul dalam konferensi pers, di Kantor KPU, Desa Hoku-Hoku Kie, Kecamatan Jailolo, Jumat (26/7/2024).

Babul menuturkan, Sekretaris KPU sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Halmahera Barat. Babul menyampaikan bahwa pihak Kesbangpol berjanji akan menyalurkan dana tersebut sebesar Rp. 5 Miliar untuk KPU pada Selasa kemarin, 23 Juli 2024, menggunakan Dana Bagi Hasil (DBH). Akan tetapi, Babul mengaku hingga saat ini belum juga direalisasikan.

“Nyatanya sampai saat ini janji tinggal janji. Kita di KPU tidak mau tahu anggaran itu bersumber dari mana yang jelas tahapan kita membutuhkan anggaran,”ujarnya.

Babul mendesak Pemerintah Halmahera Barat agar segera menyalurkan dana tersebut. Sebab menurutnya pada Agustus mendatang sudah memasuki tahapan pendaftaran calon.

“Kami tidak mau tahu, tidak ada lagi 40 persen atau 60 persen. Pemda harus salurkan 100 persen,”tegasnya.

Babul juga menegaskan, bahwa pihaknya memberikan waktu selama 3 hari, terhitung sejak hari ini hingga Senin, pekan depan. Jika tidak, maka pada hari itu juga pihaknya akan melaporkan Pemerintah Halmahera Barat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Dan dalam surat itu kami akan minta Kemendagri untuk melakukan pemotongan dana transfer ke Pemerintah Daerah untuk ditransfer langsung ke KPU”pungkasnya.

 

 

Penulis : Raja Man Kaswalat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *